Minggu, 05 November 2017

Makalah “Macam-macam Alat dan Media Pembelajaran”

ALAT DAN MEDIA BELAJAR MENGAJAR
“Macam-macamAlatdan Media Pembelajaran”

BAB I
PENDAHULUAN
  1. TEMA :
Alatdan Media BelajarMengajar
  1. Sub Tema :
Macam-macamAlatdan Media Pembelajaran
  1. Mengapapentinguntukdikaji?
Pembelajaranadalahsuatukegiataan yang bernilaiedukatif. Nilaiedukatifinilah yang mewarnaiinteraksiantarapendidikdanpesertadidik. Dalamhaliniseorangguyumemerlukanalatdan media pembelajaran.
Dalam proses belajarmengajarkehadiran media sangatpentingkarenauntukmenunjangpenjelasanmateri agar dapatdenganmudahditerimaolehpesertadidik.
Seoramg guru harusmengetahuialatdan media yang harusdigunakandalampembelajaran yang manaalatdan media tersebutsesuaidenganmateri yang akandiajarkan. Olehkarenaitu guru harusmengertimacammacamalatdan media pembelajaran.
Denganalatdan media pembelajarantujuanpembelajaranakantercapaidenganbaik.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    PengertianAlatdan Media Pembelajaran
1.      PengertianAlatPembelajaran
Alatpembelajaranadalahsegalasesuatu yang digunakanuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaran. Kata “ segalasesuatu” memberikanpengertianbahwaalatpembelajaranmempunyaiwujudfisikdan non fisik. Alatpembelajaran yang berwujudfisik, di bagimenjdiduajenis : (A) alatpembelajaran yang tidakberhubunganlangsung (membantu) penyampianmateri, yang disebutistilahsaranadanprasaranapembelajarandan (B)alatpembelajaran yang berhubunganlangsung (membantu) penyampianmateri, yang di sebutdenganistilah media pembelajaran. Sedangkanalatpembelajaran yang berwujud non fisik, antaralain :perintah, larangan, hukuman, ganjaran. [1]
2.      Pengertian media pembelajaran
Kata “media” berasaldaribahasalatindanmerupakanbentukjamakdari kata “medium”, yang secaraharfiahberarti “pengantaraataupengantar”. Dengandemikian, media merupakanwahanapenyalurinformasibelajarataupenyalurpesan.[2]
Rossi danBreidlemengemukakanbahwa media pembelajaranadalahseluruhalatdanbahan yang dapat di pakaiuntuktujuanpendidikanseerti radio, televisi, buku, Koran, majalah, dansebagainya. Association of Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitusegalabentuk yang dipergunakanuntuksuatu proses penyaluraninformasi. [3]
Media pembelajaranmerupakansegalabentukperangsangdanalat yang disediakan guru untukmendorongsiswabelajarsecaracepat, tepat, mudah, benardantidakterjadiverbalisme. Media pembelajaranmerupakanalatbantupendengarandanpenglihatan (Audio Visual Aid) bagipesertadidikdalamrangkamemperolehpengalamanbelajarsecarasignifikan.
Dengandemikian, disimpulkanbahwa media pembelajaranmerupakanbagiandarialatpembelajaran.Baikalatmaupun media pembelajaransecaraumumberfungsiuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaranbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung. Pemilihanmaupunpenggunaanalatdan media pembelajaranakanberfungsisecara optimal, sepenuhnyatergantungpadapendidik.
B.     KlasifikasidanMacam-macam Media Pembelajaran
Media pembelajarandapatdiklasifikasikanmenjadibeberapaklasifikasi, tergantungdarisudutmanamelihatnya.
1.      Dilihatdarisifatnya, media dapatdibagikedalam:
a.       Media auditif, yaitu media yang hanyadapatdidengarsajaatau media yang hanyamemilikiunsursuara, seperti radio danrekamansuara.
b.      Media visual, yaitu media yang hanyadapatdilihatsaja, tidakunsursuara. Yang termasukkedalam media iniadalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambardanberbagaibentukbahan yang dicetakseperti media grafis.
c.       Media audiovisual, yaitujenis media yang selainmengandungunsursuarajugamengandungunsurgambar yang dapatdilihat, sepertirekaman video, berbagaiukuran film, slide suaramdan lain sebagainya. Kemampuan media inidianggaplebihbaikdanlebihmenarik, sebabmengandungkeduaunsurjenis media yang pertamadankedua.
2.      Dilihatdarikemampuanjangkauannya, media dapat pula dibagikedalam:
a.       Media yang memilikidayaliput yang luasdanserentakseperti radio dantelevisi. Melalui media inisiswadapatmempelajarihal-halataukejadian-kejadian yang aktualsecaraserentaktanpaharusmenggunakanruangankhusus.
b.      Media yang mempunyaidayaliput yang terbatasolehruangdanwaktu, seperti film slide, film, video dan lain sebagainya.
3.      Dilihatdaricaraatauteknikpemakaiannya, media dapatdibagukedalam:
a.       Media yang diproyeksikan, seperti film, slide, film strip, transparansidan lain sebagainya. Jenis media yang demikianmemerlukanalatproyeksikhusus, seperti film projector untukmemproyeksikan film slide. Over Head Projector (OHP) untukmemproyeksikantransparansi. Tanpadukunganalatproyeksisemacamini, maka media semacaminitidakakanberfungsiapa-apa.
b.      Media yang tidakdiproyeksikan, sepertigambar, foto, lukisan, radio dan lain sebagainya.[4]
C.     Jenis-jenisAlat-alatTeknologiPendidikan
1.      PapanTulis
Alatpengajaraninisangat popular, digunakanuntuksekolahtradisionaldansekolahmodern.Papantulisdimanfaatkandalamtiapmetodepembelajaran.
2.      Gambar
Gambardapardikumpulkandariberbagaisumbersepertikalender, majalah, suratkabar, pamfletdansebagainya.
3.      Model
Model dapatmerupakantiruandaribenda yang sebernarnyasepertibinatang, rumah, patungperagatulangmanusia, organ manusiadan lain-lain.
4.      Koleksi
Bermacam-macamkoleksidigunakandapatsepertimacam-macambatu-batuan, tekstil, daunkering, perangkodan lain-lain sebagainya.
5.      Petadan Globe
Macam-macampetasepertipetadunia, petapendudukpetaekonomidigunakanuntukmendukungpelajarangeografi, sejarah, dan lain-lain.
6.      BukuPelajaran
Bukupelajaranmerupakanalatpelajaran yang paling banyakdigunakan.Karenadigunakansebagaisumberbahanpelajarandalampembelajaran.
7.      Film
Denganmenayangkan film-film yang mengandungunsurpendidikan. Dalampemilihan film harusdisesuaikandenganpelajaran yang akandiajarkan.
8.      Filmstrip dan Slide
Filmstrip dan slide berupagambarmatiyaitu table, foto, diagram karton, reproduksilukisandan lain-lain.
9.       Overhead Projector
Overhead projector dapatmemproyeksikanpadalayarapa yang tergambaratautertulisdalamlembarantransparan.
10.  Tape Recorder
Tape recorder sangatbermanfaatuntukdigunakandalampembelajaranbahasa.[5]


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Alatpembelajaranadalahsegalasesuatu yang digunakanuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaran.mediapembelajaranmerupakanbagiandarialatpembelajaran. Baikalatmaupun media pembelajaransecaraumumberfungsiuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaranbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung. Pemilihanmaupunpenggunaanalatdan media pembelajaranakanberfungsisecara optimal, sepenuhnyatergantungpadapendidik. Media pembelajarandapatdiklasifikasikanmenjadi media yang hanyabisadidengar, dilihatdandidengarsertadilihat.Dengandemikianpendidikdapatmenentukan media sesuaidengansituasidankondisidalamkelas.
Alat-alat yang digunakanuntukmenunjangtercapainyapembelajarandenganbaikbisamenggunakanpapntulis, gambar, model, koleksi, petadan globe, bukupelajaran, film, filmstrip dan slide, overhead projector, tape recorder dan lain-lain.
Dalammemilihalatdan media jugaharusdipilihdenganbaik. Disesuaikandenganpelajaran yang akandisampaikan, harusmenarik, mampumembantudanmemudahkanpesertadidikdalammengikutipembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA
Mustakim, Zaenal. 2017. StrategidanMetodePembelajran (edisirevisi. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2017.
Sanjaya,Wina. 2012.MediaKomunikasiPembelajaran. Jakarta: Pena Media Group.
Djamah, SyaifulBahri. 2013. StrategiBelajarMengajar. Jakarta: RinekaCipta.
Sadiman, Arief S. (dkk). 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Sudjana, Nana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: SinarBaruAlgensindo.





[1]Dr. H. ZaenalMustakim, M.Ag.,StrategidanMetodePembelajaran, ( Pekalongan: IAIN PRESS, 2017), hlm. 158.
[2]Drs. SyaifulBahriDjamarah, M.Ag.,StrategiBelajarMengajar, Cet. Ke-5, ( Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2013), hlm. 120.
[3][3]Dr. WiraSanjaya, M.Pd.,Media KomunikasiPembelajaran, Cet. Ke-1, ( Jakarta: PT KENCANA PRENATA MEDIA GRUP, 2012), hlm. 58.
[4]Drs. SyaifulBahriDjamarah, M.Ag.,StrategiBelajarMengajar, Cet. Ke-5, ( Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2013), hlm. 124-126. 
[5]Dr. Nana Sudjanadan Drs. Ahmad Rivai, Media Pengajaran,( Bandung: SinarBaruAlgensindo, 2010), hlm. 96-126.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan bijak